Dekorasi Pelaminan

Beberapa Inspirasi Dekorasi Pelaminan

Pernikahan menjadi satu acara yang sangat ditunggu-tunggu bagi mereka yang belum melepas masa lajang. Untuk itulah setiap resepsi pernikahan harus dipersiapkan dan dilaksanakan sebaik mungkin karena hanya dalam sekali dalam seumur hidup. Ada banyak sekali persiapan yang harus dilakukan mulai dari gaun pengantin, catering makanan, sewa tenda, mc dan yang yang paling penting adalah dekorasi pelaminan.
Memilih dekorasi pelaminan tidak bisa dilakukan secara sembarang karena nantinya dekorasi ini menjadi pusat perhatian tamu pernikahan yang hadir. Untuk itu dekorasi yang dipilih yang terbaik sesuai dengan selera masing-masing individu. Saat ini ada banyak sekali jenis dekorasi yang bisa digunakan untuk resepsi yang tentunya semuanya memiliki nilai kelebihan keistimewaan masing-masing. Nah berikut ini adalah beberapa jenis dekorasi pelaminan yang bisa anda jadikan referensi untuk memilih yang terbaik sesuai selera anda.

Dekorasi tradisional


Dekorasi jenis tradisional masih banyak digunakan oleh masyarakat desa yang umumnya masih memegang kepercayaan adat isitiadat nenek moyang. Umumnya dekorasi pelaminan jenis ini banyak menggunakan unsur alami seperti kayu sebagai bahan dominannya. Warna yang digunakan juga cenderung emas, perak, coklat, hitam dan merah.
Bagi mereka menggunakan dekorasi jenis ini akan menambah hikmat dan sakral sebuah resepsi pernikahan. Untuk masing-masing wilayah bentuk dan temanya juga berbeda, misal untuk jawa menggunakan gebyok dan sunda dengan ciri khas ornament bambu.

Dekorasi shabby chic.


Ini adalah dekorasi pelaminan yang bertemakan suasana romantis dan feminim. Bagi para wanita tema ini mungkin jadi pilihan terbaik mereka. Sebagai ciri khasnya biasanya akan ada banyak bunga yang digunakan dalam dekorasi dengan warna pastel dan pink. Umumnya ini digunakan untuk mereka yang menyelenggarakan acara pernikahan di gedung dengan menggunakan jasa wedding organizing untuk menata bunga-bunga tersebut menjadi satu dekorasi yang sangat cantik.

Dekorasi bertema glamor dan elegan


Seperti namanya, dekorasi pelaminan terlihat serba gemerlap dan mewah. Untuk bisa menerapkan tema ini maka dibutuhkan tempat yang luas dan tinggi. Hampir semua bagian ruangan akan dipenuhi dengan bunga-bunga. Untuk bagian lampunya banyak yang menggunakan jenis lampu kristal serta aksesoris lain yang serba mewah yang diaplikasikan hampir diseluruh bagian ruangan.

Dekorasi bertema minimalist


Dekorasi jenis ini sangat cocok diaplikasikan di rumah sendiri. Tema dekorasi ini sangat simple yaitu berupa kursi pelaminan dan kursi pendamping yang ditata dalam satu panggung yang telah dihiasi bunga-bunga. Pada bagian bawah panggung biasanya akan ditambahkan air mancur untuk menambah kesan cantik dan alami.

Dekorasi tema pantai


Dekorasi pelaminan jenis ini banyak diminati kaum muda mudi karena dirasa lebih menyenangkan dan santai. Untuk dekorasi ini biasanya diadakan di dekat pantai dengan mengambil pemandangan laut sebagai background dekorasi kemudian akan dihiasi dengan bunga-bunga berwarna pink dan putih yang akan terlihat sangat cantik.
Berbeda dengan dekorasi lainnya, jenis dekorasi pantai ini terlihat lebih simple namun elegan dengan menggunakan panggung kecil yang sekelilingnya diberi hiasan bunga. Untuk kursi yang ada didepan panggung juga hanya ada beberapa saja dan bisanya digunakan untuk keluarga terdekat.
Itulah beberapa jenis dekorasi pelaminan yang bisa anda jadikan referensi jika ingin mengadakan sebuah acara pernikahan. Pastikan anda memilih jenis dekorasi yang sesuai dengan anggaran anda karena seperti jenis dekorasi pantai, glamor dan shabby chic membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk membuat dan mempersiapkannya.